PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Puslitbang Horti Kerahkan Dukungan Penuh untuk Ikon Agroedutourism Masa Depan Sumatera Barat

Puslitbang Horti Kerahkan Dukungan Penuh untuk Ikon Agroedutourism Masa Depan Sumatera Barat

Sukarami (17/09/2019) - Sejak diinisiasi tahun 2018 lalu, Taman Science Pertanian (TSP) Sukarami telah memantapkan diri jadi wadah hilirisasi inovasi teknologi pertanian sekaligus ikon agroedutourism Sumatera Barat. Terhampar pada lahan seluas 100 hektar, TSP Sukarami akan memamerkan berbagai inovasi teknologi pertanian bagi khlayak umum. Inovasi teknologi yang akan dipamerkan mulai dari teknologi budi daya, mekanisasi, hingga varietas-varietas unggulan milik Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). "Taman ini akan lebih fokus pada komoditas hortikultura," ujar Dr. Jekvy Hendra selaku kepala BPTP Sumatera Barat.

Sejalan dengan Dr. Jekvy, Kepala Puslitbang Hortikultura, Dr. Hardiyanto mengungkapkan bahwa pengembangan TSP Sukarami yang lebih berfokus pada komoditas hortikultura, dirasa tepat. Hal ini mengingat komoditas hortikultura yang kini begitu menarik perhatian masyarakat, baik dari sisi estetika, kesehatan, hingga nilai jualnya. "Kita (Puslitbang Hortikultura) siap bantu penuh pengembangan TSP Sukarami ini," tegas Dr. Hardiyanto saat ditemui tim redaksi.

Saat ini, TSP Sukarami sendiri telah membudi dayakan beberapa varietas sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias hasil inovasi teknologi Puslitbang Hortikultura, Balitbangtan. Selain komoditas hortikultura, TSP Sukarami juga menawarkan kecantikan pemandangan yang memanja mata pengunjung. Jangan lupa juga untuk mampir ke kebun jagung tongkol empat. Penasaran? (IMNS/YS).