PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Survey Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Puslitbang Hortikultura

Survey Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Puslitbang Hortikultura

Dalam rangka membantu percepatan Penilaian Reformasi Birokrasi (RB) terkait survey kepuasan pelanggan dalam hal penilaian dan tindaklanjut RB di Puslitbang Hortikultura, hari ini (11/9/19) telah dimulai pelaksanaan penilaiannya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Diawali oleh entry meeting pagi tadi, tim evaluator Kemenpan RB yang di wakili oleh Badan Statistik kota Bogor menyebutkan bahwa Kemenpan RB akan mengevaluasi pelaksanaan RB di lingkungan Kementerian Pertanian sebagai tindaklanjut Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Online sesuai peraturan Presiden nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025, Peraturan Menteri PANRB nomor 11 Tahun 2015 tentang Road Map reformasi Birokrasi 2015 – 2019 dan Peraturan Menteri PANRB nomor 8 Tahun 2019 tentanf penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.
KemenPAN - RB sebagai lembaga yang dipercaya dalam menilai tingkat reformasi di suatu instansi pemerintah, rupanya kurang percaya diri jika tidak didampingi data pendukung. RB sendiri bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegrasi, berkinerja tinggi, bersih, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), mampu melayani publik, netral sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara. "Apakah RB telah dirasakan oleh masyarakat?" Ini adalah pertanyaan paling dasar yang harus dapat dijawab oleh seluruh kementerian dan lembaga (K/L). Publik dan media sering mempertanyakan nilai tunjangan kinerja yang bombastis, namun perilaku birokrat yang dirasa masih begitu-begitu saja. Maka, Survei Pelaksanaan Hasil RB (SPHRB) ini diselenggarakan untuk menjawabnya.

SPHRB ini dilaksanakan dalam dua tahap, pada 34 K/L, dan enam kabupaten/kota. Tujuan survei adalah mengukur kualitas pelayanan publik dan mengukur perilaku korupsi serta menjadi dasar dalam menyusun rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di setiap kementerian dan lembaga terkait. Sasaran responden dari survei ini adalah masyarakat yang menjadi user dari 34 K/L terpilih. 

Puslitbang Hortikultura menjadi salah satu instansi yang terpilih untuk dilakukan survey hasil pelaksanaaan reformasi birokrasi dengan dua jenis pelayanan antara lain pelayanan konsultasi informasi teknologi hortikultura dan pelayanan perpustakaan. Dalam kesempatan ini tim survey BPS kota Bogor melihat sarana dan prasarana yang ada di Puslitbang Hortikultura diantaranya Ruang laktasi, Jalur Disabilitas, Toilet Disabilitas, Toilet untuk Pengguna layanan, ruang Perpustakaan, arena titik kumpul, arena parkir dan lain-lain.