PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Kementerian Pertanian Terus Mendorong Ekspor Produk Hortikultura

Kementerian Pertanian Terus Mendorong Ekspor Produk Hortikultura

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong ekspor produk hortikultura Indonesia. Di bulan ini, Kementan telah melepas ekspor beberapa produk pertanian. Beberapa di antaranya adalah buah mangga sebanyak 1,6 ton, bibit tanaman hias sebanyak 141,3 ribu batang.

Kementan juga terus membuka potensi pasar ekspor untuk komoditas holtikultura. Untuk sayuran misalnya, Kabupaten Bandung tercatat menjadi pemasok andalan ke negara Singapura. Pemerintah juga tengah berupaya membuka keran ekspor tanaman hias ke berbagai negara, di antaranya ekspor tanaman hias yang sudah menembus pasar Belanda.

Beberapa jenis komoditas lainnya juga sudah ada yang diekspor ke Cina dan negara-negara lain di kawasan Asia, Eropa serta Amerika. Adapun jenis yang sering dikirim adalah selada air, jamur, buncis, lobak, bit, labu siam, waluh lokal, dan kentang.
Sementara itu, khusus untuk pengiriman produk hortikultura, pemerintah sudah membuat rute pengiriman, yakni melalui Bandar Udara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Laut Tanjung Priok. Penggunaan di dua lokasi ini dibuat untuk menyesuaikan tingkat ketahanan masing-masing komoditas yang diekspor.