PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Outstanding Untuk Indonesia GAP Project

Outstanding Untuk Indonesia GAP Project

Kerjasama Balitbangtan dengan AFACI sudah berlangsung sejak 2012 dimana Balitbangtan terlibat dalam sebelas project yang ditawarkan oleh AFACI.  Puslitbang Hortikultura berperan aktif dalam salah satu project yaitu “Development of Locally Appropriate Good Agriculture Practices (GAP) Programs and Agricultural Produce Safety Information System” yang dimulai sejak 2013 – 2018. Goal dari GAP project adalah meningkatnya kesadaran petani dalam menerapkan GAP sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.

Pada tanggal 2 – 6 September 2019, dilaksanakan “GAP country report meeting” di Phnom Penh, Cambodia yang diikuti oleh 13 negara. Di kesempatan tersebut, Indonesia GAP Project yang diwakili oleh Puslitbang Hortikultura untuk kesekian kalinya mendapatkan Outstanding Project berdasarkan country report tahun 2018.  Kegiatan GAP Project yang sudah dilaksanakan adalah melakukan pelatihan kepada petani dan penyuluh, membuat demoplot yang bertujuan sebagai pembelajaran GAP di lapang sehingga dapat diterapkan lebih lanjut oleh petani, sosialisasi pentingnya penerapan GAP kepada pemerintah daerah, penyuluh dan petani, diseminasi serta promosi melalui leaflet, brosur, maupun ikut dalam pameran lokal dan nasional sehingga baik petani maupun konsumen sadar akan produk hortikultura yang dihasilkan melalui penerapan GAP. Selain itu, telah terbangun “SIGAP-website” yang berisi tentang peraturan GAP nasional, perkembangan kegiatan GAP kerjasama dengan AFACI, serta memberikan ruang dimana petani dapat melakukan simulasi sebelum melakukan registrasi kebunnya. 
Walaupun project ini berakhir ditahun 2019, diharapkan petani tetap menerapkan GAP dan mereplikasikannya ke lahan yang lebih luas lagi. Terlebih lagi, Puslitbang Hortikultura tetap konsisten dalam melakukan pendampingan teknologi untuk kesejahteraan petani.