PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Balitbangtan Gandeng Petani Produksi Benih Bawang Merah Di Cirebon

Balitbangtan Gandeng Petani Produksi Benih Bawang Merah Di Cirebon

Dalam rangka mendukung penyediaan benih berkualitas, memperluas pengembangan varietas,  transfer teknologi produksi benih dan peningkatan kapasitas petani penangkar benih bawang merah, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran bekerja sama Bapak Casrim (salah satu anggota Kelompok Tani  Gempol, Cirebon) untuk memproduksi benih bawang merah varietas bima brebes yang bertempat di Desa Pabedilan, kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Kerjasama ini telah berlangsung sejak tahun 2013, dan hasilnya memuaskan. Varietas Bima Brebes yang dipilih untuk diproduksi dalam kegiatan ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya mampu beradaptasi di semua wilayah di Indonesia, produksi hasil tinggi (9.9 ton/ha), mudah dijual, tahan terhadap hama dan penyakit busuk umbi (Botrytis alii) dan peka terhadap penyakit busuk ujung daun (phytophtora porii) serta laku dipasaran dan cepat jadi benih. 

Kedepan, kerjasama ini akan diperluas dan diarahkan untuk produksi benih varietas-varietas unggul yang baru dilepas yang memiliki produktivitas, ketahanan terhadap cekaman biotik dan abiotik, serta memiliki kandungi nutrisi yang lebih baik.
Hasil panen dari produksi tahun ini 2019 ini sangat memuaskan, karena berdasarkan perhitungan dapat menghadilkan 25 ton/ha basah atau 14-15 ton/ha kering simpan dan diperkirakan benih akan siap ditanam dalam 2 bulan ke depan.