PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Harga Cabai Mulai Turun, Kementan Sudah Ancang-Ancang Persiapan untuk Natal dan Tahun Baru

Harga Cabai Mulai Turun, Kementan Sudah Ancang-Ancang Persiapan untuk Natal dan Tahun Baru

Cabai adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan.

Sesuai dengan perkiraan yang dilakukan Kementerian Pertanian, harga cabai yang dalam beberapa pekan lalu menguat, kini sudah mulai menurun. Hal tersebut tak lepas dari makin meningkatnya pasokan cabai ke pasar. Trend produksi cabai diyakini semakin meningkat dalam beberapa pekan mendatang, seiring masuknya musim panen raya di sentra-sentra utama.

Trend kenaikan pasokan diperkirakan akan terus berlangsung hingga memasuki Natal dan Tahun Baru. Wilayah Jawa Timur Produksi cabai rawit mencukupi bahkan berlebih sampai akhir tahun. Produksi bulan Agustus di Jawa Timur diperkirakan 18.233 ton dan akan terus naik setiap bulannya sampai November mendatang. Perkiraan produksi bulan September 21.791 ton, Oktober 26.638 ton, dan November 30.111 ton, pasokan cabai saat natal dan tahun baru nanti aman.


Sumber:  www.jpnn.com