PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Varietas Mangga Baru Kraton Agrihorti, Cocok Untuk Batang Bawah (Rootstock)

Varietas Mangga Baru Kraton Agrihorti, Cocok Untuk Batang Bawah (Rootstock)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) telah menghasilkan berbagai varietas unggul baru buah tropika seperti mangga. Mangga terbaru sebagai alternatif konsumsi buah lokal yaitu mangga Kraton Agrihorti.

Peneliti pemulia mangga Balitbu sudah beberapa tahun melakukan uji varietas dari koleksi yang ada. Mangga ini berasal dari seleksi pohon induk mangga di kebun percobaan Kraton, Pasuruan, Jawa Timur.

Produktivitas buah ini 86 – 155 kg/pohon/ tahun (umur 42 – 43 tahun) dengan jumlah buah per malai 1 – 4 dan jumlah buah per tanaman 615 – 1300 buah/pohon/tahun. Mangga ini berbentuk jorong dengan panjang 7,43 – 0.08 cm dan berat 99 – 182 gram, memiliki ketebalan daging 1.10 – 1.66 cm. Warna daging buah kuning jingga dengan tekstur buah sedang, rendah serat, dan rasa manis getir.

Varietas ini dapat ditanam di dataran rendah kering dengan ketinggian 1 – 300 dpl. Keunggulan mangga Kraton Agrihorti yakni memiliki jumlah buah per tanaman tinggi, ukuran biji besar, perakaran lebat, serta tingkat kompatibilitas tinggi sehingga cocok untuk batang bawah (rootstock).