PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Agrivaganza2019, Ajang Edukasi dan Promosi Pertanian Berdayasaing

Agrivaganza2019, Ajang Edukasi dan Promosi Pertanian Berdayasaing

Pada era milenial saat ini, dunia pertanian diharapkan melibatkan teknologi digital dalam proses pengembangannya yaitu pada proses on farm dan off farm. Khususnya, proses off farm yaitu pemasaran produksi pertanian akan menjadi lebih baik dan lebih menjangkau pangsa pasar yang luas. Selain itu, diperlukan berbagai event yang melibatkan masyarakat luas sebagai promosi produk pertanian.

  
 
Dalam rangka memperingati hari Krida Pertanian ke 47, Kementerian Pertanian (Kementan) RI terus mendorong generasi milenial agar mengenal hasil tani produk lokal yang ditanam dan diternak para petani Indonesia. Salah satunya adalah dengan menggelar bazzar dan diskusi, sebagai bagian dari Agri Vagansa 2019 dengan tema "SDM dan Infrastruktur menuju pertanian berdaya saing" bertempat di halaman gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA) Agrivagansa 2019 dilaksanakan pada tanggal 11 - 13 Juli 2019 dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Momon Rusmini, MS. Sekertaris Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Ir. Momon Rusmini, MS. Rangkaian Kegiatan Agrivaganza 2019 diawali dengan pembukaan dan penyerahan hadiah untuk pemenang Agri Writing Competition, lomba menulis artikel yang diikuti oleh masyarakat umum, pelajar/mahasiswa, dan jurnalis. 

Sekilas Kegiatan Agrivaganza 2019 adalah sebagai berikut:
1. Unjuk kinerja unit kerja lingkup Kementerian Pertanian.
2. Promosi edukasi Kementerian Pertanian dan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang dihadiri siswa/siswi SMA se-Jabodetabek.
3. Talkshow “Inspirasi Bertani di Era Milenial” dan “Mengenal Agripeneurship Pertanian Modern” yang menghadirkan pembicara dari kalangan praktisi, start up pertanian, perbankan dan pemerintah.
4. Pameran pertanian unggulan dari lembaga/pemerintah maupun usaha kreatif pertanian yang mengekspos keunggulan dan peluang bisnis.
5. Workshop Barista Kopi dan Teh.
6. Demo teknologi urban farming.
7. Live cooking demo dan bazar pangan/kuliner lokal
8. Pertemuan wirausahawan muda bidang pertanian, lomba-lomba, doorprize, dan photo booth.
9. Pertemuan/reuni Kagama dan hiburan musik KLA Project.

Adanya Agrivaganza 2019 sebagai momentum melihat kembali sasaran strategis Kementerian Pertanian agar tetap on the track dan mengundang masyarakat umum untuk mengenal serta mengimplementasikan pertanian dalam kesehariannya. Untuk masyarakat pertanian, diharapkan Agrivaganza dapat menjadi event edukasi untuk mengembangkan produk pertanian dan akhirnya mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku agribisnis terutama para petani/produsennya.
 

Pada kesempatan ini Puslitbang Hortikultura menampilkan berbagai varietas unggulan diantaranya : jeruk keprok batu 55, jeruk keprok madura, jestro mandarin (JRM), jeruk manis pacitan, jeruk, garut, pepaya merah delima, cabai rawit prima agrihorti, cabai ciko, berbagai aneka benih sayuran, dan pisang.