PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Cabai Inata Agrihorti Siap Ramaikan Pasar Hortikultura Indonesia

Cabai Inata Agrihorti Siap Ramaikan Pasar Hortikultura Indonesia

Cabai atau cabai merah adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Cabai merupakan salah satu komoditas strategis di Indonesia karena dapat memengaruhi tingkat inflasi akibat fluktuasi harga yang sering terjadi di pasaran. Cabai Inata Agrihorti merupakan cabai hibrida hasil persilangan antara Tanjung 2 x PP 0537-7558, bentuk buah memanjang, berpundak dengan warna buah tua merah serta rasa buah pedas. Daya simpan buah pada suhu 24 - 27 ÂșC  bisa mencapai tujuh hari setelah panen dan hasil buah per hektar 14,17 - 19,72 ton.

Keunggulan cabai Inata Agrihorti berumur genjah sehingga tingkat serangan penyakitnya sedikit, input biaya produksi lebih kecil, dan daya simpan yang lama. Sedangkan bagi konsumen, khususnya ibu rumah tangga, cabai ini memiliki rasa berbeda dengan cabai pada umumnya.  Cocok beradapatasi di dataran tinggi pada musim kemarau.