PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : AgroFood Expo 2019: Produk ini boleh dibeli, tidak?

AgroFood Expo 2019: Produk ini boleh dibeli, tidak?

Pameran AgroFood Expo 2019 yang telah dilaksanakan selama empat hari semenjak 27 Juni 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), akhirnya resmi ditutup pada hari ini (30/06/2019). Tak berbeda dari hari-hari sebelumnya, antusiasme pengunjung tetap begitu baik, bahkan bisa dibilang lebih membludak. Jika selama tiga hari lalu, perhatian pengunjung tertuju pada pepaya Merah Delima dan jeruk keprok Batu 55, di hari terakhir pameran para pengunjung cenderung banyak melimpahkan perhatiannya pada jeruk manis Pacitan.

“Awalnya saya pikir ini jeruk (Pacitan) rasanya asam. Kalau dilihat dari warna kulitnya yang hijau serta tebal dan daging buahnya yang kuning, rasanya tidak mungkin manis. Tapi ternyata dugaan saya salah, sangat manis tanpa rasa asam.” Ujar Adrian, salah seorang pengunjung. Tidak hanya itu, ada pengunjung lainnya dari Sumatera Barat juga pada awalnya ragu. Namun setelah mencicipi jeruk manis Pacitan mereka sangat terkesan, bahkan langsung menanyakan dimana dapat memesan benih jeruk tersebut dalam jumlah besar. 

Antusiasme pengunjung tak hanya berakhir pada keinginan untuk ¬icip-icip¬, namun juga untuk membeli produk dan juga benihnya. Beberapa pengunjung bahkan rela berkali-kali datang ke stand pameran Kementerian Pertanian untuk mendapatkan informasi atau bahkan si produk dan benih. “Ayolah, satu saja pepayanya buat saya. Saya beli deh, atau bijinya saja juga tidak apa-apa”, rajuk salah seorang pengunjung.


Pada pameran ini, produk-produk hortikultura yang dipamerkan lebih terfokus pada komoditas buah-buahan mengingat antusiasme konsumen yang begitu tinggi pada produk makanan buah-buahan. Produk-produk yang ditampilkan mulai dari buah segar seperti jeruk, pepaya, dan pisang. Sedangkan untuk produk olahannya berupa keripik pisang dan keripik kentang medians. Ada juga produk sayuran segar yang ditampilkan, yaitu cabai mengingat cabai merupakan salah satu komoditas startegis.
Sebagian besar pengunjung menyampaikan harapan mereka untuk bisa membeli produk-produk utamanya buah-buahan segar berkualitas dengan lebih mudah dan murah. Mereka juga berharap agar bisa membeli benih dan menanam sendiri produk-produk tersebut di pekarangan rumah untuk konsumsi keluarga. (IM/AP)