PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Sebagai Upaya Percepatan Swasembada Bawang Putih TAM Kementan Bidang Infrastruktur Mengunjungi Puslitbang Hortikultura

Sebagai Upaya Percepatan Swasembada Bawang Putih TAM Kementan Bidang Infrastruktur Mengunjungi Puslitbang Hortikultura

Bertepatan dengan launching Toko Tani Indonesia Center di Bogor pada hari Jum’at, 24 Mei 2019, Puslitbang Hortikultura menerima kedatangan Tenaga Ahli Menteri (TAM) bidang Infrastruktur Pertanian Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M. Agr di Kantor Puslitbang Hortikultura. Kehadiran TAM disambut oleh Kepala Puslitbang Hortikultura beserta sejumlah peneliti Puslitbang Hortikultura dan Balitsa. Kunjungan ini berkaitan dengan terjadinya permintaan bawang putih di pasaran yang semakin meningkat, namun penyediaan masih terbatas untuk itu TAM berharap Puslitbang Hortikultura sebagai lembaga penelitian yang berbasis hortikultura dapat meningkatkan upaya penelitian dan pengembangan bawang putih di Indonesia. Beberapa poin yang disampaikan dalam acara diskusi yaitu:
  1. Puslitbang Hortikultura melalui Balitsa diharapkan dapat melakukan penelitian dalam rangka strategi pengembangan bawang putih untuk mencapai target swasembada tahun 2021 dan ekspor bawang putih tahun 2033. 
  2. Strategi pengembangan bawang putih diharapkan dapat dilakukan mulai dari perbanyakan bibit melalui True Garlic Seed (TGS) ditunjang dengan infrastruktur yang memadai dan dilakukan di lokasi yang dekat dengan pasar. 
  3. Sebagai langkah awal peneliti di Balitsa khususnya diminta untuk membuat skema yang berisi hal – hal berikut diantaranya: 
  • Menetukan spek bawang putih untuk mengetahui kesesuaian kondisi iklim yang dibutuhkan untuk pembungaan bawang putih secara modern menggunakan rumah kaca. Pengembangan bawang putih diharapkan dapat dilakukan di daerah yang dekat dengan pasar dan sesuai kebutuhan pasar (market oriented). 
  • Mengupayakan pembungaan dengan simulasi iklim yang sesuai. Contohnya menggunakan growth container atau growth chamber yang dapat di setting secara otomatis. 
  • Mengembangkan teknologi perontokan/pemisahan umbi bawang putih. 
  • Skema sebaiknya dibuat dalam bentuk flow chart yang ditampilkan dalam bentuk 1 slide presentasi yang ringkas. 
  • Presentasi diharapkan dapat dilakukan Senin 27 Mei 2019. (Uq & Nisa).