PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Puslitbang Hortikultura Menggandeng PT. TTN Dalam Rangka Pengembangan dan Diseminasi Teknologi Hortikultura

Puslitbang Hortikultura Menggandeng PT. TTN Dalam Rangka Pengembangan dan Diseminasi Teknologi Hortikultura

Bertempat di Kantor Puslitbang Hortikultura Tri Ronny H. Yuswanto Direktur PT. Taru Tama Nusantara (TTN) dengan alamat Jl. Brawijaya No. 5 Jubung Jember, Jawa Timur dan Hardiyanto Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura dengan alamat Jl. Tentara Pelajar No. 3C Kampus Penelitian pertanian Cimanggu Bogor, Jawa Barat bersepakat untuk melakukan Pengembangan dan Diseminasi Teknologi Hortikultura melalui  sebuah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tanggal 15 Mei 2019. Turut hadir pada acara tersebut Kepala Balithi Dr. Rudy Soehendi, Kepala Balitbu Tropika Dr. Elina Mansyah, Pejabat Struktural, Peneliti dan undangan lainnya.

Mengawali acara, Yuswanto menyampaikan bahwa apa yang terjadi pada pagi hari ini adalah buah dari kunjungan Kepala Puslitbang Hortikultura beserta rombongan ke PT. TTN (atas undangan PT. TTN) tanggal 17 April 2019 lalu. Kehadiran Kapus Litbang Hortikultura di TTN telah memberikan warna tersendiri bagi TTN yang selama ini bergerak di sektor perkebunan untuk mencoba merambah pada sub sektor hortikultura. Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani pada hari ini diharapkan mampu memicu PT. TTN untuk lebih tekun dan giat belajar mendalami inovasi teknologi hortikultura yang dihasilkan Puslitbang Hortikultura dan menerapkannya di PT. TTN sehingga apa yang diharapkan kita semua bisa tercapai.


Sementara Hardiyanto menyampaikan rasa gembiranya atas kehadiran PT. TTN dalam rangka pengembangan inovasi teknologi hortikultura lebih lanjut. Hardiyanto menyadari tanpa mitra Puslitbang Hortikultura tidak mungkin bisa melakukan pengembangan hasil penelitiannya secara cepat dan masiv. Hardiyanto mengingatkan bahwa Perjanjian Kerja Sama ini harus ada action serta target yang harus bisa dicapai semisal target menengah yaitu ekspor produk hortikultura. Keberhasilan riset hortikultura adalah adanya teknologi hortikultura yang diadopsi oleh petani serta banyaknya perjanjian kerja sama dengan berbagai pihak terkait. Semoga PT. TTN bisa menjadi jembatan pemanfaatan teknologi hortikultura terutama di Jawa Timur.


Dalam upaya memperdalam hasil inovasi teknologi hortikultura, rombongan dari PT. TTN (Tri Ronny H. Yuswanto, SE, Ir. H. Guntaryo Tri Indarto, dan Iryono, SP, MP) melakukan kunjungan ke Balithi, Balitsa dan KP. Subang. Ketertarikan mereka terhadap teknologi hortikultura ditunjukan dengan betapa seriusnya perhatian mereka saat mendengarkan paparan dari Kepala Balithi, Kepala Balitsa dan Kepala Kebun Subang. Teknologi tanaman hias misalnya, PT. TTN meminta tanaman hias apa saja yang bisa dikembangkan di Jember mengingat udara di jember sangat panas dan bahkan sangat ekstrim. Beberapa contoh tanaman hias yang dipandang adaptif pada cuaca panas disampaikan oleh Kepala Balithi sebagai pilihan seperti tanaman hias daun, anggrek tanah, anggrek dendrobium, krisan pot, varietas pacar air tahan kering, bunga sedap malam dan lain-lain.


Untuk komoditas sayuran PT. TTN lebih tertarik terhadap buncis, mentimun, sayuran daun, cabai, kacang panjang, tomat dan sayuran semusim lainnya. Model KRPL/OPAL yang disajikan Balitsa sebagai wahana pembelajaran kepada rumah tangga di pedesaan sempat mencuri perhatian mereka.


Sementara untuk komoditas buah-buahan pisang Kepok Tanjung mendapat perhatian cukup serius dari rombongan PT. TTN. Menurut mereka selain Great Giant Food yang memproduksi pisang Sunpride tidak ada lagi perusahaan besar yang melakukan insvestasi pada perkebunan pisang, sementara kebutuhan pisang untuk campuran roti, kue pisang, dan olahan pisang lainnya cukup banyak. Kualitas pisang yang diminta oleh perusahaan sekelas Indofood sebagian besar tidak mampu dipenuhi oleh petani pisang, karena itu diperlukan perkebunan pisang dengan SOP yang baik sehingga bisa masuk sebagaimana prasyarat yang ditetapkan Indofood. Ini peluan yang baik untuk TTN, ujar mereka. (Uq)