PUSLITBANG HORTIKULTURA   
Foto untuk : Jadikan Ramadhan Sebagai Wadah Pembentukan Jiwa Yang Tangguh

Jadikan Ramadhan Sebagai Wadah Pembentukan Jiwa Yang Tangguh

Menjelang Ramadhan 1440 H. Puslitbang Hortikultura telah mengawalinya dengan sebuah kebiasaan baik yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW yaitu berkumpul menyambung tali silaturahmi sambil mengkaji Alquran dan saling memaafkan diantara sesama tanggal 3 Mei 2019 di Kantor Puslitbang Hortikultura.

Tausiah Ramadhan disampaikan oleh Ust. Obay Sobari dari Bogor dengan mengambil tema: Ramadhan Sebagai Wadah Pembentukan Jiwa Yang Tangguh.


Obay Sobari menuturkan bahwa energi Ramadhan ada pada Alquran dan doa. Bagi siapa saja yang tidak berhasil membentuk jiwa yang tangguh baik selama Ramadhan maupun sesudahnya bisa jadi karena energinya kurang. Bisa jadi karena tidak sungguh-shngguh dalam mengamalkan Alquran dan berdoa. 

Sobari juga menyampaikan  bahwa bagi orang yang sabar dalam menjalankan puasanya Allah akan mengganjar dengan 100 ganjaran. Seorang muslim yang pada bulan biasa hanya bisa mengerjakan 5 pekerjaan seharusnya pada bulan  Ramadhan dia harus mampu menyelesaikan 500 pekerjaan. Rasulullah SAW telah membuktikannya pada saat perang Badar yang terjadi pada bulan Ramadhan dimana kekuatan umat Islam hanya sekitar 1000 orang harus melawan pasukan musuh yang jumlahnya sekitar 100.000 orang. Dengan keyakinan, kesabaran dan doa umat Islam  berhasil menumpas musuh yang jumlahnya 100 kali lebih banyak dari jumlah pasukan muslim.

Sobari mengajak kepada semua yang hadir pada tausiah nya dan kepada seluruh umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh karena malu kepada Allah. Mari kita jaga kepala kita dan apa yang ada dikepala kita sehingga pada akhirnya kita akan mendapatkan kemuliaan disisi Allah SWT.

Sementara Kepala Bagian Tata Usaha Paidi Rusdianto mewakili Kepala Puslitbang Hortikultura pada sambutannya menyampaikan agar kita semua mampu menjadikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tidak sampai mengganggu tugas dan pekerjaan sehari-hari bahkan sebaliknya harus mampu meningkatkan kinerja kita.


Silaturahmi menjelang Ramadhan disamping diikuti oleh karyawan karyawati  Puslitbang Hortikultura hadir juga perwakilan dari Balithi, Kebun Percobaan Serpong dan Dharma Wanita.

Dalam kondisi apapun umat muslim harus selalu ikhlas, ridha, dan sabar. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan syafaatnya kepada kita semua. Selamat berpuasa .... (Uq)